March 2, 2024

“Granblue Fantasy: Relink” Menyenangkan dan Memanjakan Mata, 7 Tahun Ku Rela Menanti (REVIEW)

Akhirnya sampai di sini moment yang ditunggu. Setelah pertama kali diumumkan pada tahun 2016, tujuh tahun lalu, Granblue Fantasy: Relink akhirnya dirilis di Playstation dan Steam. Ada banyak hal yang berubah dalam tujuh tahun ini, dengan dirilisnya game pertarungan Granblue Fantasy Versus, kemudian sekuel Granblue Fantasy Versus: Rising, hingga berbagai pembaruan pada game browser seluler Granblue Fantasy asli itu sendiri, yang segera mendekati hari jadinya yang ke-10 pada bulan Maret 2024. .

Granblue Fantasy: Relink berlatar dunia yang dikenal sebagai Sky Realm, tempat di mana masyarakat dibangun di atas pulau-pulau terapung. Pemain adalah kapten kru pesawat terbang di atas kapal terbang yang dikenal sebagai Grandcypher. Bergabung dengan kru kapal adalah seekor naga kecil yang dapat berbicara bernama Vyrn dan seorang wanita muda dengan kekuatan misterius yang dikenal sebagai Lyria. Di awal perjalanan, para kru bergabung dengan seorang tukang yang dikenal sebagai Mr. Fix It Dude Rolan. Bersama-sama mereka memulai petualangan, yang sejak awal memancarkan getaran kiasan bahwa kekuatan persahabatan akan memungkinkan sebuah kelompok dengan awal yang sederhana pada akhirnya ditugaskan untuk membunuh seorang dewa.

Pemain diberi pilihan untuk bermain sebagai Maleor Female karakter. Pilihan ini tidak terlihat penting di luar model karakter dan pengisi suara. Nama protagonis juga tidak pernah diucapkan oleh karakter lain, mereka hanya dipanggil sebagai kapten. Diharapkan bahwa ia adalah protagonis yang dimaksud, jadi untuk menjadi pelawan, kami akan menyebut protagonis sebagai Djeeta karena kami suka menjadi pelawan. Djeeta diharuskan berada di dalam party selama kampanye cerita, tetapi dapat ditukar dengan yang lain selama misi yang dapat dilakukan di kota. Ada total sembilan belas karakter yang dapat dimainkan yang dapat dibuka, dan meskipun Djeeta harus ada di dalam party, pemain dapat memilih untuk mengendalikan orang lain. Ada cukup banyak variasi dalam pemeran, jadi disarankan untuk berganti-ganti karakter selama kampanye.

Seperti halnya kebanyakan RPG, game ini terutama dibagi menjadi beberapa bagian yang berlangsung di kota dan dunia nyata. Tidak terlalu banyak kejutan di kota. Di sinilah pemain dapat berbicara dengan NPC dan mengambil misi sampingan yang biasanya melibatkan pengiriman sejumlah bahan untuk membunuh musuh tertentu. Ada pandai besi untuk menempa senjata baru dan meningkatkan senjata yang dimiliki saat ini bersama dengan pedagang di mana pemain dapat menukar sumber daya dengan item baru. Di sinilah pemain juga dapat menukar Crewmember Card untuk menambah daftar partai mereka, tetapi hanya sebagian kecil yang tersedia selama kampanye cerita. Hal menarik terakhir adalah tempat di mana pemain dapat melakukan Misi dan menonton Episode Takdir. Misi adalah tempat pemain berteleportasi ke arena untuk bertarung melawan monster bos atau menghadapi gelombang musuh untuk mendapatkan pengalaman dan sumber daya. Episode Takdir adalah narasi pendek dengan sesekali pertarungan yang menggali latar belakang setiap karakter. Di sinilah pemain dapat mengulang bab-bab selama permainan.

Penuh Aksi Tetapi Mudah Diakses
Bagian aksi dari Granblue Fantasy: Relink melibatkan pemain yang mengendalikan satu karakter dengan tiga orang teman yang dikendalikan komputer. Setiap karakter memiliki berbagai macam gerakan khusus yang dapat dilengkapi hingga empat gerakan sekaligus. Ada sembilan belas karakter yang bisa dibuka, tetapi disarankan untuk membuka karakter favorit terlebih dahulu karena akan membutuhkan waktu lama untuk mendapatkan semuanya. Salah satu fitur menarik dari daftar karakter ini adalah perbedaan mekanisme permainan mereka. Djeeta dan Katalina adalah pendekar pedang yang kuat, sedangkan Rackam dan Eugen berguna untuk mengalahkan musuh yang terbang dengan senjata mereka. Ferry dapat mengirim musuh dengan cambuknya, Rosetta menemukan cara untuk mempersenjatai bunga, sementara Ghandagoza dapat dengan mudah menghantam semua orang dengan tinjunya yang besar. Aksi bisa menjadi panik dengan beberapa anggota partai yang menggunakan berbagai serangan mereka, tetapi hasilnya adalah game aksi yang bergerak cepat. Ada beberapa urutan yang memecah formula ini di mana pemain mungkin berada dalam situasi yang tidak biasa seperti menggunakan menara senjata, tetapi pertarungan yang tidak biasa ini adalah salah satu yang menarik.

Mekanisme permainan Granblue Fantasy: Relink tidak lebih rumit dari kebanyakan game aksi, tetapi memiliki fitur aksesibilitas bagi mereka yang ingin menyederhanakan gameplay dengan alasan apa pun. Mode Assist memiliki dua pengaturan berbeda: Bantuan dan Bantuan Penuh. Mengaktifkan Mode Assist memungkinkan pemain untuk menekan tombol kotak untuk melakukan kombo yang mengesankan dan mengaktifkan serangan khusus dengan mudah. Full Assist pada dasarnya membuat pertarungan berjalan secara autopilot di mana pemain hanya bertanggung jawab untuk menggerakkan karakter sementara AI menangani semua serangan. Mengaktifkan fitur ini secara signifikan menurunkan tantangan, tetapi ada tujuannya. Misalnya, saat mengulang misi untuk ketiga belas kalinya untuk mendapatkan sumber daya atau grinding pengalaman, pemain dapat memilih untuk mengaktifkan mode Bantuan Penuh sehingga mereka dapat mengikuti berita harian di ponsel mereka sementara permainan pada dasarnya berjalan dengan sendirinya. Sebagai seseorang yang memainkan game aksi secara teratur, ini adalah fitur yang tidak memiliki banyak daya tarik pribadi, terutama jika seseorang mencoba mengendalikan karakter selama mode Bantuan Penuh karena ini menjadi permainan tarik tambang melawan komputer. Namun, apa pun yang meningkatkan aksesibilitas pada umumnya adalah hal yang baik.

Baik dilihat sebagai sekuel lengkap atau rilis ulang yang disempurnakan, Granblue Fantasy Versus: Rising merupakan peningkatan dari pendahulunya.
Butuh sekitar sembilan belas jam waktu bermain untuk melihat kredit bergulir, termasuk melihat semua Episode Takdir yang tersedia pada saat itu dan menyelesaikan semua misi. Kampanye utamanya tidak terlalu panjang, tetapi permainan setelahnya dirancang untuk menghabiskan waktu. Di konter Misi di kota pada akhirnya ada lebih dari 100 misi yang tersedia, yang sebagian besar tidak dapat dibuka sampai cerita selesai. Penyelesaian misi-misi ini diperlukan untuk membuka setiap anggota kru, dan membawa setiap anggota kru ke level 60 diperlukan untuk melihat setiap Episode Takdir. Ditambah lagi, ada masalah mendapatkan setiap senjata untuk setiap karakter, menaikkan level senjata tersebut, dan meningkatkan keterampilan setiap karakter yang membutuhkan beberapa ribu MSP per karakter. Konten game akhir memiliki banyak grinding, tetapi ini dimaksudkan untuk dilakukan melalui co-op online yang membuat grinding jauh lebih menyenangkan.

Bersiaplah untuk Grind
Jumlah grinding di Granblue Fantasy: Relink tidak bisa dilebih-lebihkan. Hal ini menjadi penting dalam cara pemain memilih untuk memperkuat karakter mereka karena membutuhkan sumber daya yang cukup besar untuk memaksimalkan aspek apa pun dari karakter. Meskipun ada daftar pemain yang berukuran cukup besar, yang terbaik adalah fokus pada empat karakter utama untuk ditingkatkan karena jika tidak, grinding tidak akan pernah berakhir. MSP adalah sumber daya komunal, jadi meskipun diperoleh setiap kali karakter naik level, karakter tertentu mungkin tidak akan pernah melihatnya. Distribusi kekuatan juga merupakan sebuah faktor. Salah satu pendekatannya adalah pemain dapat mengabaikan semua karakter lain dan level kekuatan Djeeta untuk menjadi dewa. Pendekatan ini bisa jadi menyenangkan karena siapa yang tidak suka merasa berkuasa, tetapi ada kemungkinan besar untuk gagal dalam misi karena semua karakter yang tidak berkembang akan terus berakhir dalam status kritis. Pasca permainan sebagian besar adalah serangkaian misi yang hanya meningkatkan tantangan, dengan hadiah untuk menyelesaikan tonggak pencapaian adalah misi yang lebih sulit. Tidak ada sumber daya yang cukup untuk menaikkan level semua orang tanpa berjam-jam grinding, jadi mengembangkan rencana untuk post game itu penting.

Granblue Fantasy: Relink adalah gim yang menyenangkan tetapi mengalami sedikit krisis identitas. Kampanye pemain tunggalnya memenuhi semua hal yang diharapkan dari sebuah RPG aksi, tetapi saat memainkannya, Anda akan mendapat kesan bahwa fokus utamanya adalah pada game pascaberakhirnya, yang terasa seperti MMO berbasis misi yang jauh lebih ringan dalam hal cerita. Mengambil langkah santai di mana semua aktivitas opsional dilakukan dan semua area dijelajahi secara menyeluruh, game ini diselesaikan dalam waktu kurang dari dua puluh jam dan jumlah waktu yang sama dihabiskan setelah itu untuk berbagai misi. Setelah sekian lama, masih ada misi baru yang dibuka, tetapi masih ada lebih banyak senjata yang harus ditempa dan ditingkatkan. Konten post-game terdiri dari menyelesaikan misi di kota, dan hadiah untuk menyelesaikan sejumlah misi adalah memberikan lebih banyak konten cerita serta membuka lebih banyak misi dengan tingkat kesulitan yang lebih tinggi. Bergantung pada kesabaran seseorang untuk melakukan grinding, mendapatkan lebih dari 100 jam waktu bermain dari game ini bisa dilakukan. Tetapi melakukan misi demi grinding pada pemain tunggal hanya dapat menahan rentang perhatian sebagian besar orang untuk waktu yang lama, dan meskipun multipemain adalah cara yang bagus untuk meningkatkan hal ini, sulit membayangkan kebanyakan orang mempertahankan minatnya cukup lama untuk memaksimalkan lebih dari satu karakter.

KESIMPULAN

Granblue Fantasy: Relink memiliki kampanye cerita yang pendek dan manis dengan potensi grinding tanpa akhir setelah kredit utama bergulir. Ceritanya adalah perjalanan yang menyenangkan dari awal hingga akhir yang memadukan kisah menawan yang diisi dengan anggota kru yang menarik dan gameplay penuh aksi yang menggembirakan. Sebagian besar latar belakang karakter terungkap melalui Episode Takdir di kota dan menonton cerita-cerita ini menambah banyak hal yang dapat diinvestasikan oleh pemain dalam cerita masing-masing. Konten setelah cerita utama menjanjikan berjam-jam untuk menyelesaikan misi yang semakin sulit untuk memperpanjang umur permainan. Misi-misi setelah kampanye utama ini memberikan konten cerita dengan kecepatan yang jauh lebih lambat, namun, setelah titik tertentu, aktivitas ini tidak lebih dari sekadar grinding untuk mendapatkan sumber daya yang lebih baik. Multiplayer membantu dalam misi-misi ini, tetapi sebagian besar pemain kemungkinan besar akan pindah sebelum menyelesaikan semua konten yang ditawarkan pasca permainan. Namun hingga saat itu, Granblue Fantasy: Relink adalah petualangan yang sangat menyenangkan.

administrator

Read Previous

Steelseries Luncurkan Dragon Arctis Nova 7 Edisi Spesial Untuk Rayakan Tahun Baru Imlek

Read Next

Selain Death Stranding 2 On The Beach, Kojima Production Kerjakan Game ala Metal Gear

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *