Spesifikasi PlayStation 5 yang dinilai lebih rendah dari Xbox Series X telah menjadi bahan perdebatan para gamer selama beberapa hari terakhir ini. Semua berawal dari video livetream yang ditujukan untuk memperkenalkan secara lebih jauh mengenai spesifikasi PlayStation 5 oleh Mark Cerny. Lewat video tersebut, kita diberikan gambaran dengan begitu detail mengenai kemampuan yang mampu ditawarkan oleh konsol generasi terbaru dari Sony tersebut yang sayangnya memang rasanya tidak cocok untuk ditampilkan kepada para gamer secara keseluruhan.

Hal ini dikarenakan video tersebut awalnya ditujukkan untuk pihak developer yang menghadiri acara GDC (Game Developers Conference) 2020, namun karena kekhawatiran akan penularan virus Corona, acara tersebut akhirnya dibatalkan. Akan tetapi, alih-alih semakin mengantisipasinya, para gamer malah menganggap bahwa kekuatan hardware yang dimiliki PlayStation 5 ini lebih rendah jika dibandingkan Xbox series X. Argumen tersebut semakin memanas dikalangan para fanboy yang bahkan menganggap Sony sudah melakukan langkah yang salah pada pemilihan hardware untuk PlayStation 5 ini.

maxresdefault

Pemikiran tersebut berbading terbalik dengan yang dirasakan oleh Albert Penello, mantan bos marketing Xbox yang telah bekerja dibawah naungan Microsoft selama 18 tahun lamanya. Dirinya lebih optimis bahwa PlayStation 5 ini bisa jadi konsol yang mumpuni dan memuji Sony karena telah melakukan langkah cerdas untuknya. Alasannya karena dengan begitu, Sony bisa memangkas dana yang dibutuhkan untuk mengembangkannya sehingga dari segi penjualan kemungkinan besar PlayStation 5 akan lebih murah ketimbang Xbox series X nantinya.

Maka dari itu, jika memang nantinya Sony hendak menjual PlayStation 5 dikasaran $399 seperti yang telah mereka lakukan di generasi sebelumnya, hal ini tentunya akan semakin menarik minat lebih banyak gamer untuk memilih PlayStation 5 dibandingkan Xbox series X yang kemungkinan akan dibanderol seharga $500. Semoga saja pendapatnya tersebut berujung pada kenyataan agar para gamer tidak perlu merogoh kocek terlalu dalam untuk bisa memiliki PlayStation 5 di hari pertama perilisannya nanti.