April 20, 2021

[Review] Persona 5 Strikers

Halo Sobat semua, kali ini kami mencoba untuk mereview salah satu game JRPG terbaik yang dipersembahkan oleh Atlus dan SEGA ini. Game tersebut adalah Persona 5 Strikers yang merupakan lanjutan dari cerita Persona 5 sebelumnya dan nampaknya cerita ini belum berakhir begitu saja.

Bisa dikatakan Persona 5 ini merupakan game Persona series terbaik dari sebelum-sebelumnya dengan tokoh utama kelompok yang dinamakan The Phantom Thieves dengan berbagai karakter yang unik, makanya tidak tanggung-tanggung dibuat lanjutannya setelah merilis Persona 5, Persona 5 Royal, Persona 5 Dancing in Starlight dan Persona Q2: New Cinema Labyrinth. Namun untuk Persona 5 Strikers ini diambil ceritanya dari Persona 5, Jadi Persona 5 Striker ini merupakan sekuel dari Persona 5. Tapi harap diingat ya? Kali ini gameplaynya berbeda dari Persona 5 yang mengambil battle turn-base, kali ini untuk Persona 5 Strikers mengusung sistem battle Musou atau yang biasa dikenal dengan hack and slash ala-ala dynasty warrior.

Story Lanjutan Dari Serial Sebelumnya

Setting cerita Persona 5 Striker ini dimulai setelah game Persona 5, tepatnya beberapa bulan setelahnya yang akhirnya team The Phantom Thieves beraksi kembali setelah mengalami kejadian yang hampir sama seperti yang mereka alami sebelumnya, namun kali ini penyebab malapetaka ini didalangi oleh seorang Idol yaitu Alice Hiiragi yang mulai naik daun yang secara sengaja memberi kartu nama kepada sang karakter utama (Joker), ketika mengetik “wonderland” pada aplikasi di HP nya yaitu EMMA, Joker dan Ryuji malah memasuki dunia lain (Metaverse) yang bernama “Jail”. Pada dunia Jail, mereka bertemu dengan gadis misterius yang ternyata mengalami amnesia. Akhirnya mereka bersama-sama untuk memecahkan misteri yang ada di dunia Jail tersebut, apa motif dibalik sang Idol Alice ini hingga membuat kekacauan di dunia Metaverse.

Gameplay Dengan Battle Yang Fresh

Pada saat memainkan game ini, sudah pasti akan merasakan perbedaannya, battle disini benar-benar action dengan bertarung seperti Musou (dynasty Warrior) namun dengan khas Persona tentunya. Keunikannya yaitu kalian bisa memanggil Persona (si makhluk astral) untuk membantu didalam pertarungan. Persona utama kalian masih sama seperti sebelumnya dan yang pasti nantinya akan ada penambahan Persona lainnya.

Bisa dikatakan tindakan berani dari Omega Force sang pembuat game ini untuk mengubah sistem gameplay ini kami rasa bisa diterima, karena walau full action ini, masih terasa sekali khas Persona seperti Ambush Attack, All Out Attack dan tentu saja mengeluarkan Makhluk Persona. Namun ada yang baru dalam battle disini, salah satunya yaitu Phantom Dash, Joker dan karakter lainnya mampu bersembunyi di atas lampu penerangan, papan pijakan diatas maupun lainnya yang berguna untuk menyerang banyak musuh sekaligus.

Selain ada fitur-fitur tambahan, namun sayangnya fitur Social Link dihilangkan. walaupun begitu ada fitur pengganti, yaitu Bond Skill untuk mengeluarkan jurus spesial bersama-sama. Bagi kami gameplay disini cukup asik dan keren, apalagi kalau sudah bermain cukup lama dengan skill-skill yang sudah didapat.

Grafis Yang Unik Namun Tidak Ada Perubahan

Grafis pada game ini merupakan ciri khas Persona, apabila kalian melihat sekilas juga akan terlihat, ini game Persona dengan style art yang keren dan unik, serta penggabungan antara Anime dan Cel Shading namun sayangnya gerakan masih terlihat masih kaku, apalagi NPC yang kurang detail, tapi bukan Persona namanya kalau tidak menampilkan grafis seunik ini. Jangan harap ada peningkatan grafis yah di game ini? namun bila kamu memainkan di konsol PS5 ada peningkatan sedikit yang bisa dipilih apakah ingin “Graphics Mode” yang meningkatkan kualitas gambar atau “Frame Rate Mode” yang meningkatkan kestabilan performa yang baik, tapi menurut kami tanpa fitur tersebut, game ini sudah cukup baik untuk performa dan grafisnya.

Suara Yang Tetap Bagus, Namun Joker tetap Membisu

Musik yang ditampilkan disini sudah pasti bagus dan lumayan oke, Untuk Dialog dengan bahasa Jepang Maupun Inggris sudah tidak diragukan lagi deh, oke banget. Sayangnya sang karakter utama masih tidak bicara di game ini. Mungkin apabila Joker berbicara disini, interaksi dengan karakter di game ini bisa lebih bagus lagi.

O iya, apabila ingin mendapatkan Soundtrack Persona 5 Striker ini, kalian bisa mengambil game Persona 5 Strikers Digital Deluxe Edition untuk mendapatkannya dan bonus-bonus lainnya yang akan didapatkan.

Kesimpulan

Apakah Game ini layak sebagai salah satu RPG yang keren? sudah jelas, Gaya Battle nya walaupun agak repetitif, namun sangat asik dimainkan dengan gaya bertarung yang cukup kompleks, karena selain kalian bertarung dengan karakter manusia, juga menggunakan Makhluk Persona. Kalau menurut kami pribadi lebih seperti Dynasty Warriors, namun untuk yang ini lebih Kompleks, seru dan rusuh. Lupakan tentang grafis yang wah, nikmati style art nya yang unik menjadi ciri khas pada game ini.

Berikut Pros dan Cons nya versi Gimindo:

Pros:

  • Battle Sytemnya yang Fresh dan Unik
  • Ciri Khas RPG Persona masih terasa pada game ini.
  • Dual Bahasa yang sama bagusnya
  • Soundtrack yang keren
  • Fitur menu tambahan yang menarik

Cons:

  • Pertarungan yang terlalu cepat, mungkin tidak nyaman bagi beberapa orang
  • Tidak ada peningkatan grafis
  • NPC yang masih kaku
  • Fitur Social Link yang Hilang
  • Joker masih tidak berbicara 🙂

Bang Gimin

Penulis artikelnya Gimindo.com

Read Previous

Persona 5 Strikers Telah Hadir Untuk Para Penggemarnya Dengan Sistem Battle Yang Keren

Read Next

Inilah 12 Grand Finalist UECS Season 2, Ada Tim Komunitas Yang Berhasil Lolos Ke Babak Puncak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *